RSS

Tips Trik Aman Dan Sehat Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial


Meskipun memanfaatkan situs jejaring sosial termasuk mikrobloging sangat menyenangkan, tetapi ibarat pergaulan di dunia nyata, ada aturan-aturan atau etika yang harus ditaati. Meskipun etika ini tidak resmi diajarkan, seyogyanya tetap harus dipatuhi agar tidak menimbulkan masalah atau gangguan dalam berinteraksi sosial dengan teman-teman kita di dunia maya. Lebih jauh lagi, tujuan beetika di internet adalah untuk menghindari kejahatan yang mungkin terjadi dengan memanfaatkan situs-situs jejaring sosial yang lagi ngetren. Berikut tip dan trik memanfaatkan situs jejaring sosial dengan aman dan sehat.
  1. Ingatlah! Situs jejaring sosial sanggup mempertemukan setiap orang di bumi ini dalam sebuah pergaulan tanpa mengenal jarak. Dari semua orang yang tergabung, tentu mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Selalu jaga sikap sopan baik dalam menulis status, berkomentar, memasang foto dan mengirim pesan.
  2. Gunakan nama semi palsu sebagai username dalam situs jejaring sosial. Misalnya nama Tony Hendroyono menjadi tony_cool, atau tonytonitone. Nama semi palsu ini akan menyamarkan identitas Anda bagi orang yang belum dikenal. Namun bagi teman-teman terdekat Anda, nama tersebut masih bisa dikenali dan tetap bisa dipakai untuk berinteraksi dengan mereka.
  3. Jujurlah terhadap status relationship Anda. Jika Anda sudah menikah jangan mengaku lajang atau status lainnya. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dengan pasangan Anda.
  4. Jangan cantumkan nama lengkap dan email asli anda kepada publik. Anda sebaiknya membuat email khusus untuk mendaftar di situs pergaulan sosial. Pisahkan email ini dengan email resmi yang anda pakai untuk kegiatan berkomunikasi dengan orang lain. Selain mencegah spam, juga menghindari kiriman email orang yang berniat jahat kepada anda.
  5. Cari teman-teman di dunia maya yang benar-benar anda kenal. Jangan membuat perkenalan dengan orang yang sama sekali asing. Lebih dahulu periksa profil orang tersebut. Jika yakin, anda boleh untuk mengajukan pertemanan.
  6. Jangan menambahkan teman secara serampangan, misalnya dengan mengundang pertemanan hanya berdasarkan pada foto profinya saja tetapi tidak diperiksa profil identitasnya.
  7. Jika mendapat undangan pertemanan, teliti dengan cermat profil orang tersebut. Atau telusuri daftar teman orang tersebut, adakah diantara teman-teman orang tersebut yang anda kenal.
  8. Jangan sekali-kali mencantumkan data pribadi terkait password, PIN, kartu kredit, dan sebagainya.
  9. Hati-hati jika ada halaman yang meminta anda untuk mencantumkan password, PIN, atau kartu kredit. Abaikan saja halaman tersebut. Situs jejaring sosial tidak pernah meminta informasi tentang hal tersebut.
  10. Jangan cantumkan nomor ponsel anda. Nomor ponsel adalah pintu bagi teman-teman dunia maya untuk mengontak anda di dunia nyata. Maka hati-hatilah. Bisa jadi orang lain menelepon anda untuk hal-hal yang tidak baik.
  11. Sebaiknya, tulis singkat saja alamat dalam identitas anda. Jangan cantumkan alamat tinggal anda secara detail. Cukup nama kota atau daerahnya saja. Misalnya Rawamangun, Jakarta Timur.
  12. Jika ada permintaan kopi darat atau ajakan blind dates (kencan buta) dengan teman-teman dari internet, sebaiknya anda tolak. Kecuali jika anda sudah mengenal orang tersebut di dunia nyata.
  13. Ada kalanya anda ingin menemui seseorang kenalan dari dunia maya (kopi darat) karena alasan penting. Persiapkan diri anda seaman mungkin. Ajaklah teman dan jangan pergi sendiri. Atur pertemuan di tempat publik yang ramai.
  14. Usahakan jangan memasang foto pribadi. Jika anda ingin berbagi foto, usahakan menggunakan settingan hanya teman-teman terdekat yang bisa melihat foto tersebut.
  15. Selalu unggah foto-foto anda yang sopan dan wajar. Hindari memasang foto yang bisa membuat orang berbuat iseng terhadap anda.
  16. Jika ada foto-foto teman anda yang vulgar dan membuat anda tidak nyaman, segera laporkan kepada administrator situs tersebut (beberapa situs jejaring sosial mempunyai fasilitas ini.
  17. Jangan membuka sembarangan pesan yang masuk ke inbox anda, terlebih dari orang yang tidak dikenal. Sebagian besar pesan yang tidak dikenal adalah spam. Bahkan ada pesan tertentu adalah virus yang akan menyebar ke komputer anda jika dibuka.
  18. Jangan mengirim pesan pribadi pada urusan bisnis atau pekerjaan. Hal ini bisa fatal jika dilihat oleh kolega bisnis atau bos anda.
  19. Hati-hati saat anda menjalankan situs jejaring sosial saat jam kerja. Bisa jadi bos anda memperhatikan halaman dan mengamati kinerja anda dikantor.
  20. Jangan balas pesan yang berisi ajakan-ajakan, rayuan ataupun bujukan dari orang yang tidak dikenal.
  21. Jangan terlalu sering menulis status atau pesan ke halaman orang lain. Pesan yang terus-menerus dalam waktu singkat akan menjadi spam bagi orang lain, dan tentu ini sangat menjengkelkan mereka.
  22. Update status anda sewajarnya. Misalnya sehari sekali. Atau hanya jika ada berita penting yang layak disampaikan ke publik.
  23. Tulisa status anda dengan bahasa yang baik dan benar, tanda baca yang jelas, dan tidak berisi pernyataan yang mengandung permusuhan, penghinaan, merendahkan orang lain atau yang menjurus sara.
  24. Hindari menulis kata-kata berisi ancaman atau cabul dalam status anda.
  25. Jangan umbar kegiatan pribadi anda dalam bentuk status. Selain membuat orang lain tidak nyaman, anda juga akan dicap sombong.
  26. Ada beberapa situs jejaring sosial yang menyediakan fasilitas chatting. Kenali dengan siapa anda melakukan chatting. Jangan chatting dengan sembarang orang atau dengan orang yang tidak dikenal.
  27. Jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakan orang tentang dirinya saat chatting.
  28. Jawab dengan sopan jika ada orang yang mengajak anda ngobrol lewat chatting. Jangan memancing ke arah pembicaraan yang tidak perlu atau bahkan vulgar.
  29. Ketika menggunakan komputer bersama, misalnya di warnet atau di sekolah, jangan mengaktifkan login otomatis. Pastikan anda logout ketika selesai membuka akun anda. Hal ini untuk menghindari pengguna lain yang iseng memanfaatkan akun anda.
  30. Jangan berlebihan dalam bermain internet terutama memanfaatkan situs jejaring sosial. Gunakan seperlunya saja. Sesuatu yang mendatangkan manfaat jika digunakan secara berlebihan justru mendatangkan mudharat.
  31. Bagi orang tua yang menggunakan internet di rumah, letakkan komputer ditempat yang mudah diawasi, misalnya diruang keluarga.
  32. Cari tahu kegiatan anak-anak dalam berinternet, misalnya dengan siapa dia berinteraksi. Hal itu bisa dilacak melalui history pesan dalam inboxs, email, atau web yang dikunjungi.
  33. Jangan biarkan anak anda menemui seseorang yang dikenal lewat internet tanpa sepengetahuan anda. Jika perlu, dampingi anak anda untuk menemui temannya tersebut.
  34. Aktivitas internet memang mengasyikkan, tetapi tetap harus ingat waktu belajar, bekerja atau aktivitas nyata sehari-hari lainnya.
  35. Jika anda sudah bosan atau tidak ingin lagi merasa mendapatkan manfaat dari kegiatan dalam jejaring sosial, hapus akun anda. Hal ini lebih aman bagi anda, karena halaman akun anda sudah tidak bisa berinteraksi dengan halaman profil teman lain.

| Free Bussines? |

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Comments

Diberdayakan oleh Blogger.